Wajib Tahu! Segudang Manfaat Bawang Putih untuk Hijabers

Dream – Selama ini, bawang putih memang dikenal kaya manfaat untuk kesehatan. Tak sekadar sebagai bumbu masakan, namun juga dapat dipakai untuk pengobatanberbagai macam penyakit.

Di dalamnya tinggi kandungan antioksidan dan antibakterial yang mampu memberikan berbagai keuntungan bagi tubuh, terutama pada kulit dan rambut. Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kecantikan.

Shutterstock

1. Membersihkan Pori-pori Wajah
Pori-pori wajah yang tersumbat dapat menjadi sumber munculnya komedo dan jerawat. Bawang putih mampu memberikan eksfoliasi bagi pori-pori wajah dan memastikannya tetap bersih sepanjang hari.

2. Menghilangkan Jerawat
Infeksi bakteri ditambah dengan kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Kandungan antibakterial dan antioksidan di dalam bawang putih, mampu menghilangkan jerawat. Serta mencegahnya datang kembali.

Shutterstock

3. Menghilangkan Komedo
Komedo seringkali muncul di daerah dagu dan hidung. Walaupun tidak mengganggu seperti jerawat, namun komedo bisa membuat kulit wajahmu terkesan jorok. Antioksidan di dalam bawang putih mampu meresap ke dalam kulit untuk melawan bakteri penyebab komedo apabila dilakukan secara rutin.

4. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Loading...

boldsky

Garis-garis halus, serta keriput menjadi penanda munculnya penuaan dini yang tidak bisa dihindari oleh setiap wanita. Namun, kamu bisa menundanya dengan menggunakan bawang putih. Gunakan sebagai masker untuk dipakai secara rutin setiap minggu.

5. Mengurangi Stretch Mark
Stretch Mark seringkali muncul di tempat yang tidak diinginkan. Kamu bisa melenyapkan garis-garis tersebut, dengan mencampurkan bawang putih dan natural oil. Aplikasikan pada stretch mark sambil melakukan pijatan lembut.

6. Mengurangi Rambut Rontok 
Rambut rontok sering terjadi apabila kamu memiliki rambut panjang. Gunakan bawang putih yang sudah dihaluskan untuk dioles ke kulit kepala. Dengan begitu, kulit kepala akan lebih erat mengunci akar rambut.

7. Melawan Ketombe

Shutterstock

Ketombe akan menjadi sangat mengganggu penampilan ketika rontok ke daerah bahu. Bawang putih dapat mengurangi ketombe dengan kandungan antibakterialnya. Selain itu, bawang putih juga mencegah kulit kepala terasa gatal.

8. Memperkuat Folikel Rambut
Bawang putih yang bersifat alami kaya akan berbagai vitamin dan juga zat besi. Kandungan tersebut mampu membuat rambut menjadi lebih kuat dan terlihat tebal.

Shutterstock

9. Eksfoliasi Kulit Kepala
Bawang putih mampu mendetoksifikasi kulit kepala. Proses tersebut dapat menciptakan efek yang sehat bagi rambut dan kulit kepala. Eksfoliasi juga mampu menghapus segala kotoran yang ada di rambut.

10. Mempertebal Rambut
Rambut tebal selalu menjadi idaman bagi wanita. Apabila rambutmu tipis, kamu bisa mengakalinya dengan bawang putih. Bumbu dapur yang satu ini memiliki kandungan yang dapat menambah volume rambut.

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

Sumber Dream

Loading...
Shares